Contoh Soal Psikotes

Psikotes kerap kali menjadi batu sandungan bagi para pelamar kerja terutama mereka yang masih fresh graduate. Mereka masih belum pernah mengikuti ujian psikotes sebelumnya. Padahal psikotes merupakan tes yang wajib dilalui bila kita mengikuti proses rekrutmen untuk menjadi pegawai pemerintah (CPNS atau BUMN) maupun pegawai swasta. Website contohsoalku.com mencoba menyediakan berbagai contoh soal psikotes online yang diperbarui secara berkala. Dengan begitu, meski belum pernah mengikuti psikotes, kalian akan merasa familiar dengan soal-soal yang ada dalam ujian psikotes nantinya.

Soal tes yang diujikan saat ujian psikotes kerja berbeda-beda tergantung kebijakan perusahaan atau instansi yang mengadakan rekrutmen. Umumnya tes yang dihadapi berupa Tes Potensi Akademik atau TPA, Tes Kemampuan Umum atau TKU, Tes Bakat Skolastik atau TBS, atau bisa pula General Aptitude Test atau GAT.

Singkatnya, psikotes digunakan untuk memilih orang terbaik dari sekian banyak pelamar kerja, sesuai kriteria jabatan dan tugas yang akan diemban nantinya.

Apa Itu Psikotes

Psikotes adalah sebuah tes yang dilaksanakan oleh tim penguji atau psikolog. Psikotes ini sudah sangat luas jangkauannya dan hampir dilaksanakan di seluruh negara.

Contoh Soal Psikotes

Psikotes bukan hanya mengukur tingkat kecerdasan dan kemampuan seseorang secara akademik, tetapi meliputi berbagai aspek pendukung. Psikotes juga mengukur minat, bakat, serta kepribadian seseorang.

Jika Anda adalah praktisi HRD dan Personalia dari latar belakang non-psikologi maka simulasi psikotes online dalam situs ini dapat dijadikan alternatif rujukan dalam pelaksanaan rekrutmen karyawan atau kenaikan jabatan.

Tujuan Diadakannya Psikotes

Psikotes umumnya dipergunakan sebagai syarat penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS), karyawan swasta, BUMN, bank, TNI dan Polri. Bahkan juga dipakai sebagai syarat kenaikan jabatan setingkat manajer pada bidang pekerjaan.

Tujuan dari psikotes adalah untuk mengetahui kondisi psikologi atau karakter seseorang. Psikotes dapat diterapkan kepada anak-anak maupun dewasa. Bentuknya bisa tertulis, proyektif, atau evaluasi secara verbal yang teradministrasi untuk mengukur fungsi atau kemampuan kognitif dan emosional seseorang.

Bagaimana Agar Saya Bisa Lolos Ujian Psikotes?

Penilaian psikotes tidak berdasarkan pada siapa yang paling pintar. Bisa saja orang yang secara akademik tidak begitu pintar ternyata mengalahkan orang yang lebih pintar dan lolos ujian psikotes. Hal ini cukup sering terjadi. Bahkan mungkin Anda pernah mengalaminya atau melihat orang lulusan perguruan tinggi terbaik belum bekerja atau diterima kerja pada sebuah perusahaan karena selalu gagal dalam psikotes.

Lancar dalam mengerjakan soal psikotes dan sukses lulus ujian psikotes adalah harapan bagi semua orang. Namun harapan ini terkadang tidak tercapai karena kurang siapnya peserta dalam menghadapi serangkaian tes.

Lalu, apa faktor utama untuk lolos ujian psikotes?

Mereka yang lolos psikotes adalah yang melakukan persiapan dengan matang. Maka sering-seringlah berlatih contoh soal psikotes online ini, pelajari pembahasannya, lalu amati perkembangan nilai latihanmu. Upayakan agar semakin baik dari waktu ke waktu. Setelah itu, kamu akan merasa lebih percaya diri saat menghadapi ujian psikotes online maunpun on-site yang sesungguhnya.

Jenis-jenis Contoh Soal Psikotes

Soal ujian psikotes terdiri dari soal-soal yang unik sehingga dapat memutarbalikkan perhitungan logis potensi seseorang. Sering terjadi, seorang lulusan salah satu perguruan tinggi terbaik di negeri ini dengan nilai IPK lebih dari 3, berpengalaman menjadi asisten dosen, ternyata TIDAK LOLOS ujian psikotes. Ironis.

Situs contohsoalku.com memuat beragam tipe contoh soal psikotes yang umum diujikan dalam tiap tes seleksi yaitu psikotes verbal, psikotes matematika, psikotes penalaran, psikotes gambar, dan psikotes umum. Dengan semakin sering berlatih berbagai contoh soal psikotes online tersebut kita akan semakin terbiasa mengerjakan dengan benar sehingga kemungkinan lulus ujian psikotes akan semakin tinggi.

Psikotes Verbal

Psikotes Verbal adalah tes psikologi yang bertujuan untuk mengukur kecakapan dan kemampuan bahasa seseorang, baik itu lisan maupun tulisan. Tes verbal ini berguna untuk mengukur sejauh mana seseorang bisa memahami perihal yang dibicarakan.

Berikut jenis-jenis soal verbal yang umum dipakai pada psikotes:
– Tes Persamaan Kata (Sinonim)
– Tes Lawan Kata (Antonim)
– Tes Analogi
– Tes Acak Kata
– Tes Klasifikasi Verbal

Psikotes Verbal Online

Psikotes Matematika / Numerikal

Psikotes numerikal atau psikotes matematika jauh berbeda dengan matematika yang dipelajari di sekolah. Penilaiannya bukan berdasarkan siapa yang lebih pintar, karena bisa saja orang yang langganan rangking 1 di kelas atau meraih IPK cum laude, justru gagal dalam psikotes matematika.

Kunci menaklukkan psikotes matematika adalah berlatih mengerjakan soal sebanyak-banyaknya, dengan waktu yang dibatasi. Dan, situs ini berusaha membantu kalian dengan menyediakan berbagai contoh soal psikotes dan pembahasan yang meliputi:

– Tes Deret Angka
– Tes Angka Berkolom
– Tes Aritmetika
– Tes Matematika Berpola
– Tes Matematika dan Geometri

Psikotes Matematika Online

Psikotes Penalaran / Logikal

Psikotes Penalaran merupakan tes psikologi yang digunakan untuk mengetahui kemampuan seseorang dalam memahami suatu pernyataan atau informasi lalu menarik kesimpulan yang tepat dari informasi tersebut.

Psikotes Penalaran biasanya terdiri dari:
– Tes Penalaran Analitis
– Tes Penalaran Logika
– Tes Ketelitian
Tes Army Alfa
– Tes Kode Ingatan
– Tes Kraepelin
– Tes Pauli

Psikotes Penalaran Online

Selamat belajar dengan MENYENANGKAN!

30 Shares:
8 comments
Tinggalkan Balasan
Pelajari Juga:

Psikotes Verbal

Sering berlatih contoh soal psikotes verbal menjadi penting karena ia bukanlah pelajaran yang wajib diajarkan. Padahal hampir semua…

Psikotes Wartegg

Psikotes Wartegg disebut juga Wartegg Drawing Completion Test (WDCT) atau Tes Melengkapi Gambar. Simak tips dan cara pengerjaan…

Psikotes Matematika

Contoh Soal Psikotes Matematika dalam contohsoalku.com berisi berbagai tipe soal psikotes yaitu: Tes Deret Angka, Tes Angka Berkolom,…

Psikotes Penalaran

Contoh soal psikotes penalaran umumnya terdiri dari: tes penalaran analitis, tes penalaran logika, tes ketelitian, tes Army Alpha,…