Tes Klasifikasi Kata

Belajar contoh soal tes klasifikasi kata itu penting banget. Dengan kenal pola soal, asah kemampuan analitis, tambah kosakata, dan kurangi stres, kamu bakal lebih siap dan punya peluang lebih besar buat sukses di berbagai tes dan seleksi. Jadi, jangan malas buat latihan, ya!

CONTOH SOAL TES KLASIFIKASI KATA - contohsoalku.com

Latihan Tes Klasifikasi Kata #1

1 / 10

Mana yang tidak masuk dalam kelompoknya?

2 / 10

Mana yang tidak masuk dalam kelompoknya?

3 / 10

Mana yang tidak masuk dalam kelompoknya?

4 / 10

Mana yang tidak masuk dalam kelompoknya?

5 / 10

Mana yang tidak masuk dalam kelompoknya?

6 / 10

Mana yang tidak masuk dalam kelompoknya?

7 / 10

Mana yang tidak masuk dalam kelompoknya?

8 / 10

Mana yang tidak masuk dalam kelompoknya?

9 / 10

Mana yang tidak masuk dalam kelompoknya?

10 / 10

Mana yang tidak masuk dalam kelompoknya?

Masukkan nama yang ingin ditampilkan pada klasemen.

Jangan segan beri rating ya.

Pos.NamePoints
There is no data yet

Apa Itu Tes Klasifikasi Kata ?

Tes klasifikasi kata adalah jenis tes yang digunakan untuk mengukur kemampuan seseorang dalam mengelompokkan kata-kata berdasarkan kesamaan atau karakteristik tertentu.

Dalam tes ini, peserta diberikan serangkaian kata dan diminta untuk mengidentifikasi kata yang tidak sesuai dengan kelompok atau untuk mengelompokkan kata-kata yang diberikan ke dalam kategori yang tepat.

Contoh:

Jika diberikan daftar kata seperti “apel, jeruk, pisang, meja,” peserta harus mengidentifikasi “meja” sebagai kata yang tidak sesuai karena yang lainnya adalah buah-buahan.

CONTOH SOAL TES KLASIFIKASI KATA - contohsoalku.com

Latihan Tes Klasifikasi Kata #2

1 / 10

Mana yang tidak masuk dalam kelompoknya?

2 / 10

Mana yang tidak masuk dalam kelompoknya?

3 / 10

Mana yang tidak masuk dalam kelompoknya?

4 / 10

Mana yang tidak masuk dalam kelompoknya?

5 / 10

Mana yang tidak masuk dalam kelompoknya?

6 / 10

Mana yang tidak masuk dalam kelompoknya?

7 / 10

Mana yang tidak masuk dalam kelompoknya?

8 / 10

Mana yang tidak masuk dalam kelompoknya?

9 / 10

Mana yang tidak masuk dalam kelompoknya?

10 / 10

Mana yang tidak masuk dalam kelompoknya?

Masukkan nama yang ingin ditampilkan pada klasemen.

Jangan segan beri rating ya.

Pos.NamePoints
There is no data yet

Tujuan Tes:

Mengukur Kemampuan Kognitif
Menguji kemampuan berpikir analitis dan logis dalam mengelompokkan kata-kata berdasarkan kategori tertentu.

Mengukur Pemahaman Verbal
Menguji seberapa baik seseorang memahami makna kata-kata dan hubungan antara kata-kata tersebut.

CONTOH SOAL TES KLASIFIKASI KATA - contohsoalku.com

Latihan Tes Klasifikasi Kata #3

1 / 10

Ada satu yang tidak masuk dalam kelompoknya, carilah!

2 / 10

Ada satu yang tidak masuk dalam kelompoknya, carilah!

3 / 10

Carilah yang tidak sesuai dengan lainnya!

4 / 10

Pilihlah yang tidak termasuk kelompoknya!

5 / 10

Ada satu yang tidak masuk dalam kelompoknya, carilah!

6 / 10

Pilihlah mana yang benar!

7 / 10

Ada satu yang tidak masuk dalam kelompoknya, carilah!

8 / 10

Pilihlah yang tidak termasuk kelompoknya!

9 / 10

Pilihlah yang tidak termasuk kelompoknya!

10 / 10

Pilihlah yang tidak termasuk kelompoknya!

Masukkan nama yang ingin ditampilkan pada klasemen.

Jangan segan beri rating ya.

Pos.NamePoints
There is no data yet

Contoh Soal Tes Klasifikasi Kata dan Jawaban

Contoh Soal Tes Klasifikasi Kata 1 – 10

Contoh Soal 1

Carilah yang tidak sesuai dengan lainnya!

A. Semen
B. Pasir
C. Air
D. Bata
E. Cangkul

Contoh Soal 2

Carilah yang tidak sesuai dengan lainnya!

A. Kamboja
B. Melati
C. Mawar Merah
D. Kemuning
E. Anggrek Bulan

Contoh Soal 3

Carilah yang tidak sesuai dengan lainnya!

A. Telepon
B. Radio
C. Televisi
D. AC
E. Pager

Contoh Soal 4

Carilah yang tidak sesuai dengan lainnya!

A. Pisang
B. Mangga
C. Jambu
D. Apel
E. Manggis

Contoh Soal 5

Carilah yang tidak sesuai dengan lainnya!

A. AC
B. Kulkas
C. Televisi
D. Mesin Cuci
E. Kompor Gas

Contoh Soal 6

Carilah yang tidak sesuai dengan lainnya!

A. Mobil Pribadi
B. Bis
C. Kereta Api
D. Pesawat
E. Angkot

Contoh Soal 7

Carilah yang tidak sesuai dengan lainnya!

A. Mangga
B. Blueberry
C. Strawberry
D. Jeruk
E. Jambu merah

Contoh Soal 8

Carilah yang tidak sesuai dengan lainnya!

A. Basket
B. Voli
C. Bulu tangkis
D. Rugby
E. Sepak bola

Contoh Soal 9

Carilah yang tidak sesuai dengan lainnya!

A. Zamrud
B. Rubi
C. Berlian
D. Kristal
E. Mutiara

Contoh Soal 10

Carilah yang tidak sesuai dengan lainnya!

A. Lisosom
B. Sitoplasma
C. Vakuola
D. Mitokondria
E. Ribosom

Jawaban Soal Tes Klasifikasi Kata 1 – 10

  1. E
  2. C
  3. D
  4. A
  5. E
  6. A
  7. B
  8. C
  9. E
  10. D

Contoh Soal Tes Klasifikasi Kata 11 – 20

Contoh Soal 11

Carilah yang tidak sesuai dengan lainnya!

A. Jawa
B. Sasak
C. Tengger
D. Sunda
E. Badui

Contoh Soal 12

Carilah yang tidak sesuai dengan lainnya!

A. Surabaya
B. Denpasar
C. Banten
D. Bandung
E. Palembang

Contoh Soal 13

Carilah yang tidak sesuai dengan lainnya!

A. Kedondong
B. Durian
C. Rambutan
D. Salak
E. Nangka

Contoh Soal 14

Carilah yang tidak sesuai dengan lainnya!

A. Durian
B. Apel
C. Semangka
D. Mangga
E. Jeruk

Contoh Soal 15

Carilah yang tidak sesuai dengan lainnya!

A. Telegram
B. Surat
C. Fax
D. Telepon
E. Televisi

Contoh Soal 16

Carilah yang tidak sesuai dengan lainnya!

A. Suling
B. Piano
C. Terompet
D. Saxophone
E. Flute

Contoh Soal 17

Carilah yang tidak sesuai dengan lainnya!

A. Aluminium
B. Tembaga
C. Besi
D. Timah
E. Raksa

Contoh Soal 18

Carilah yang tidak sesuai dengan lainnya!

A. Spora
B. Rizom
C. Setek
D. Tunas adventif
E. Geragih

Contoh Soal 19

Carilah yang tidak sesuai dengan lainnya!

A. Jantung koroner
B. Anemia
C. Hipertensi
D. Meningitis
E. Leukemia

Contoh Soal 20

Carilah yang tidak sesuai dengan lainnya!

A. Way Kambas
B. Ujung Kulon
C. Kinabalu
D. Meru Betiri
E. Baluran

Jawaban Soal Tes Klasifikasi Kata 11 – 20

  1. B
  2. C
  3. A
  4. C
  5. E
  6. B
  7. E
  8. C
  9. D
  10. C

Contoh Soal Tes Klasifikasi Kata 21 – 30

Contoh Soal 21

Carilah yang tidak sesuai dengan lainnya!

A. Iklan
B. Banner
C. Flyer
D. Story Board
E. Spanduk

Contoh Soal 22

Carilah yang tidak sesuai dengan lainnya!

A. Ampere
B. Watt
C. Sekring
D. Saklar
E. Mil

Contoh Soal 23

Carilah yang tidak sesuai dengan lainnya!

A. Numeralia
B. Fiksi
C. Verba
D. Adverbia
E. Nomina

Contoh Soal 24

Carilah yang tidak sesuai dengan lainnya!

A. Moh. Soeharto
B. Ir. Soekarno
C. Gus Dur
D. B. J. Habibie
E. Susilo B. Yudhoyono

Contoh Soal 25

Carilah yang tidak sesuai dengan lainnya!

A. Akik
B. Mutiara
C. Permata
D. Emas
E. Kristal

Contoh Soal 26

Carilah yang tidak sesuai dengan lainnya!

A. Palung
B. Delta
C. Karang
D. Pantai
E. Ombak

Contoh Soal 27

Carilah yang tidak sesuai dengan lainnya!

A. Genteng
B. Asbes
C. Gipsum
D. Seng
E. Rumbia

Contoh Soal 28

Carilah yang tidak sesuai dengan lainnya!

A. Kentang
B. Bawang
C. Ketela
D. Ubi
E. Sukun

Contoh Soal 29

Carilah yang tidak sesuai dengan lainnya!

A. Hijau tosca
B. Jingga
C. Ungu kebiruan
D. Cokelat
E. Biru tosca

Contoh Soal 30

Carilah yang tidak sesuai dengan lainnya!

A. Harimau
B. Serigala
C. Beruang
D. Heyna
E. Kuda

Jawaban Soal Tes Klasifikasi Kata 21 – 30

  1. D
  2. E
  3. B
  4. D
  5. D
  6. B
  7. C
  8. E
  9. B
  10. E

Pentingnya Belajar Contoh Soal Tes Klasifikasi Kata

Belajar contoh soal tes klasifikasi kata ini membantu meningkatkan keterampilan kognitif dan verbal serta mempersiapkan peserta untuk berbagai jenis tes kemampuan dan seleksi.

Kenalan Sama Pola Soal

Belajar contoh soal bikin kamu jadi lebih paham soal jenis dan pola pertanyaan yang biasanya muncul. Jadi, waktu tes nanti nggak akan kaget lagi karena udah familiar.

Asah Kemampuan Analitis

Tes Klasifikasi Kata tuh ngukur seberapa jago kamu dalam mikir analitis dan logis. Dengan latihan, kamu bisa makin jago mengelompokkan kata-kata berdasarkan kesamaan mereka.

Tambah Kosakata

Latihan soal bikin kamu tambah banyak kosakata yang dikuasai. Ini penting banget karena tes ini butuh pemahaman yang baik soal arti dan hubungan antar kata.

Tahu Kelemahan

Dengan latihan, kamu bisa tahu di mana letak kelemahanmu dalam mengelompokkan kata-kata. Jadi, bisa fokus memperbaiki itu sebelum tes yang sebenarnya.

Cepat dan Tepat

Latihan rutin bikin kamu makin cepat dan tepat dalam menjawab soal. Ini penting karena biasanya tes punya batas waktu, jadi makin cepat dan tepat kamu jawab, makin besar peluang buat dapet skor tinggi.

Kurangin Deg-degan

Karena udah familiar sama jenis dan format soal, kamu jadi nggak gampang deg-degan atau stres saat tes. Kamu jadi lebih tenang dan fokus deh pas ujian.

Siap Buat Berbagai Tes

Tes Klasifikasi Kata ini sering banget muncul di berbagai ujian, kayak tes masuk kuliah, seleksi kerja, dan tes kemampuan kognitif lainnya. Jadi, belajar contoh soal ini bikin kamu siap buat berbagai jenis tes di masa depan.

Penutup

Tes ini sering digunakan dalam berbagai konteks seperti ujian masuk sekolah, seleksi kerja, dan tes psikometri. Tes klasifikasi kata membantu mengidentifikasi kemampuan seseorang dalam memahami konsep, mengelompokkan informasi, dan berpikir secara logis.

Gambar Gravatar
Syaiful Bachri adalah seorang insinyur mekanik. Saat ini dia sibuk di dunia engineering dan pendidikan, sambil menyalurkan hobinya dalam menulis artikel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *