Home CPNS Contoh Soal CPNS

Contoh Soal CPNS

oleh contohsoalku.com
19140 kali dibaca
Contoh Soal CPNS

Contoh Soal CPNS sudah banyak beredar di internet. Kita bisa mendapatkannya dengan mudah. Namun, biasanya soal-soal tersebut seringkali tidak diperbarui atau tersedia secara tidak gratis. Website contohsoalku.com menyediakan contoh soal CPNS yang diperbarui secara berkala sesuai tes seleksi CPNS terkini. 100% gratis sepenuhnya. Juga, kamu bisa melihat nilai langsung saat selesai mengerjakan simulasi tes CPNS ini. Dengan demikian kamu bisa memperkirakan seberapa besar peluangmu untuk lulus dalam tes CPNS yang sebenarnya.

Mengapa Harus Berlatih Contoh Soal CPNS?

Fakta menunjukkan bahwa terdapat banyak peserta yang gagal dalam tes penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS). Sebenarnya mereka mempunyai bakat dan potensi yang memenuhi standar untuk menjadi PNS. Namun, bakat dan potensi yang dimiliki tersebut tidak dapat dipergunakan secara maksimal karena kurangnya pengetahuan dan pengalaman dalam mengerjakan soal-soal tes penerimaan CPNS.

Contoh Soal CPNS

Mengingat banyak sekali peminat untuk menjadi PNS, para peserta tes CPNS dituntut untuk belajar ekstra giat supaya dapat mengerjakan seluruh tes yang diselenggarakan. Salah satu caranya yaitu dengan sering berlatih mengerjakan contoh soal CPNS seperti yang terdapat dalam website ini. Sehingga nantinya diharapkan akan lebih terbiasa dengan model-model soal yang ada dalam tes CPNS. Selain itu juga untuk mengukur kemampuan dalam dalam bidang yang akan diujikan. Dengan berlatih di contohsoalku.com yang bisa langsung dilihat nilainya, kita dapat mengukur diri dibandingkan orang lain apakah termasuk di bawah rata-rata, menengah, atau sudah sangat siap untuk menghadapi Tes Seleksi CPNS.

Mengapa Memilih untuk Menjadi PNS?

Menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) merupakan impian bagi sebagian besar warga negara Indonesia. Selain untuk mengabdi kepada negara, berbagai fasilitas dan standar gaji yang disediakan juga cukup menggiurkan daripada bekerja di tempat atau instansi lain.

Kelebihan Bekerja Sebagai PNS

  • Hampir tidak ada pemecatan. Resiko untuk dipecat sangat kecil sekali.
  • Peluang untuk mengikuti peningkatan SDM melalui training atau diklat.
  • Posisi kuat dan jaminan keamanan kerja karena diangkat berdasarkan SK Menteri, Gubernur, Walikota, dan Bupati.
  • Jenjang kepangkatan jelas dan diatur oleh undang-undang.
  • Mendapatkan pensiun yang dijamin pemerintah.
  • Kepastian dan standar gaji cukup tinggi. Masih ditambah dengan berbagai tunjangan fungsional maupun jabatan.
  • Peluang lebar untuk promosi jabatan.
  • Kemudahan untuk melanjutkan sekolah.
  • Status sosial cukup terhormat. Masyarakat menganggap seorang pegawai negeri relatif lebih mapan dibanding wiraswasta.

Latihan Soal CPNS Sistem Simulasi CAT BKN

Sistem pengerjaan latihan soal dalam website ini dibuat semirip mungkin dengan Sistem Seleksi CPNS Nasional dari Badan Kepegawaian Negara (SSCN BKN). Dengan mempelajari dan mengerjakannya secara teratur dan terprogram diharapkan dapat membantu peserta mendapatkan nilai yang lebih baik sehingga dapat lulus dalam tes seleksi CPNS.

Kategori Contoh Soal CPNS

COntoh soal CPNS yang diujikan dalam tes penerimaan CPNS terdiri dari Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB).

Seleksi Kompetensi Dasar – SKD

Tes SKD memiliki komposisi sebagai berikut:

  • 30 soal Tes Wawasan Kebangsaan,
  • 35 soal Tes Intelegensia Umum, dan
  • 35 soal Tes Karakteristik Pribadi.

Peserta yang memenuhi ambang batas (passing grade) kelulusan dan dinyatakan lolos Seleksi Kompetensi Dasar selanjutnya berhak mengikuti Seleksi Kompetensi Bidang (SKB). SKB yang akan diujikan bergantung kepada Kementerian dan Instansi terkait yang berbeda satu sama lain.

Tes Wawasan Kebangsaan (TWK)

Tes Wawasan Kebangsaan akan mengukur seberapa jauh peserta tes CPNS dalam pemahaman wawasan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berguna dalam dunia pelayanan publik di berbagai kementerian, lembaga nasional, maupun pemerintah daerah tingkat provinsi dan kabupaten.

Tes Intelegensia Umum (TIU)

Tes Intelegensia Umum akan mengukur kemampuan peserta tes CPNS dalam hal-hal yang berkaitan dengan penalaran verbal, kuantitatif, logika, dan analisis dalam menghadapi dunia pelayanan publik di berbagai kementerian, lembaga nasional, maupun pemerintah daerah tingkat provinsi dan kabupaten.

Tes Karakteristik Pribadi (TKP)

Tes Karakteristik Pribadi akan mengukur kemampuan peserta tes CPNS dalam hal-hal keseharian yang berkaitan dengan dunia kepegawaian dalam pelayanan publik di berbagai kementerian, lembaga nasional, maupun pemerintah daerah tingkat provinsi dan kabupaten.

Seleksi Kompetensi Bidang – SKB

Seleksi Kompetensi Bidang adalah seleksi lanjutan untuk para peserta Tes CPNS yang lulus dalam Tes SKD.

Berikut beberapa contoh soal CPNS untuk Tes SKB sesuai formasi masing-masing:

SKB Administrasi Negara
SKB Guru Agama Islam

SKB Guru Bahasa Indonesia
SKB Guru SD

SKB Kebidanan
SKB Kepegawaian / SDM

SKB Pemerintahan Kota/Kabupaten
SKB Perhubungan

SKB Tenaga Kependidikan

Selamat belajar dengan MENYENANGKAN!

Kamu Mungkin Suka

Beri Komentar

56 komentar

Defri Januari 4, 2021 - 8:15 pm

Min skb teknik informatika juga ya🙏

contohsoalku.com Januari 5, 2021 - 2:48 pm

Baik. Kami akan usahakan. Pantau terus di situs ini ya.

mutia fitri September 22, 2020 - 10:00 pm

min, masukin soal SKB pengelola pembangunan donk, terimakasih sebelumnya..

Sunset Raven Maret 26, 2020 - 8:41 pm

Bang minta soal skb Akuntansi dong…

TIKAAPANGGABEAN Maret 7, 2020 - 8:16 pm

Min, Skb akuntansi dong min.
Kebetulan aku ambil bagian Penata Laksana Barang min.

NINA123 Maret 7, 2020 - 4:36 pm

skb untuk analis sitem informasi ada ga?

diahayu21 Maret 4, 2020 - 3:42 pm

kak, bikin soal skb kepegawaian dong pliss

contohsoalku.com Maret 4, 2020 - 4:26 pm

Kami terus menambah soal-soal SKB. Pantau terus di homepage/laman depan ya.

Juntabo Mei 26, 2020 - 10:47 pm

Min, tlg utk soal yg berhubungan dengan teknik civil, mesin, dan listrik y. Tks

contohsoalku.com Mei 27, 2020 - 4:57 am

Saran Anda (dan lainnya juga) kami tampung dan masukan dalam daftar to-do. Silakan bila ada permintaan soal lainnya.

TIKAAPANGGABEAN Juni 26, 2020 - 10:00 pm

Min, kok SKB AKUNTANSI belum ada min?

Dina_gibran Maret 13, 2020 - 1:55 pm

Min SKB untuk posisi analis sistem informasi dong 🙏

gazalmi Maret 4, 2020 - 3:39 pm

admin skb administrasi negara ada ga?

contohsoalku.com Maret 4, 2020 - 4:25 pm
Iman Yuhansyah Februari 23, 2020 - 9:41 pm

Asslmualkm
Admin tolong di share soal SKB pemerintah daerah kabupaten formasi analis pelayanan publik.

Sebelumnya terimakash banyak, dan sangat bermanfaat.

utman bondowoso Februari 21, 2020 - 9:34 pm

Gimana caranya latihan soal SKB kok gak bisa2, padahal udah daftar?

contohsoalku.com Februari 21, 2020 - 10:02 pm

SKB apa yang akan Anda ikuti, @utman-bondowoso? Anda tinggal menekan tombol ‘Mulai’ dari masing-masing tes.

Ismail ruswandi Februari 19, 2020 - 7:32 am

Ndak sempat ikut ujian dikarnakan telat 10 menit stor kartu ujian…. Yaaa apa boleh buat mungkin disini bukan rezeki ku untuk menjadi Cpns tahun ini 2020..

omrip Februari 17, 2020 - 10:23 am

tes SKB Analis Pertanahan ATR BPN min

Vivilc Februari 12, 2020 - 6:33 pm

Min, request skb kebidanan dong! Please!

contohsoalku.com Februari 12, 2020 - 6:38 pm

Kami akan berusaha maksimal untuk memenuhinya. Pantau terus di beranda ya.

nurnima Februari 12, 2020 - 5:07 pm

min utk ujian SKB pertanian ad ngak min ?

contohsoalku.com Februari 12, 2020 - 5:11 pm

Masih dalam proses. Cek terus di halaman depan ya karena tes terus kami tambahkan.

Erni safitri Februari 8, 2020 - 4:45 pm

Soal untuk skb guru sd ada gak mimin?

contohsoalku.com Februari 8, 2020 - 7:21 pm

Maaf, kami belum memiliki soal SKB Guru SD. Semoga ke depannya bisa kami lengkapi.

yumnatsabita Februari 17, 2020 - 3:26 pm

soal skb untuk guru SD dong.. trima kasih.

contohsoalku.com Februari 17, 2020 - 3:44 pm

Sudah ada. Lihat link-nya di halaman depan ya.

Amijendra Februari 7, 2020 - 3:17 pm

Untuk liat jawaban yg benar atau salah ny gimana y kak

contohsoalku.com Februari 7, 2020 - 3:19 pm

Saat penilaian akhir ada pilihan berwarna biru. Itu jawaban Anda yang salah.

Erni safitri Februari 7, 2020 - 11:51 am

Tes untuk skb ada gak???

contohsoalku.com Februari 7, 2020 - 2:48 pm

Segera kami masukkan. Lihat di halaman depan ya status terbarunya.

Dandi Februari 1, 2020 - 12:21 pm

Terima kasih @contohsoalku.com
Hadiahnya sudah saya terima.

Semoga kita semua diberikan kemudahan, kelancaran dan diluluskan CPNS. Amin

MELATI1805 Januari 29, 2020 - 3:06 pm

alhamdulillah nemu web ini, insha allah sangat membantu, terimakasih . semoga tambah sukses usahanya-diijabah doa doa nya, amin ya allah

contohsoalku.com Januari 29, 2020 - 4:38 pm

Amin ya robbal alamin. Terima kasih doanya 🙏

Andre Januari 16, 2020 - 1:45 am

makasih contohnya. smoga kita semua lulus cpns tahun ini ya. Alhamdulillah dah nemu materi yg bagus buat belajar cpns.

contohsoalku.com Januari 16, 2020 - 7:46 pm

Amin. Terima kasih sudah mendoakan kita semua, @Andre.

Wiwi salim Januari 7, 2020 - 9:57 pm

Semangat semoga saya berhasilllll………………..!!!!!

sandijdr Januari 7, 2020 - 9:24 pm

cara lihat kunci jawaban yang bear bagimana ya??

Dandi Januari 4, 2020 - 8:08 pm

Semangat @mardiraharjo238

Dandi Januari 4, 2020 - 8:04 pm

Kok sering gateway time out yah?

ruth Desember 15, 2019 - 11:08 pm

ada nggak ujian cpns 2019 bahasa inggris

lia Desember 19, 2019 - 10:33 pm

yg kemaren gak ada

Ilmiku Januari 9, 2020 - 7:50 am

Ada untuk kue. Bhs inggris

Wie Desember 2, 2019 - 2:40 pm

Sayang sekali tidak ada kunci jawaban dan pembahasannya, jadi kita tidak bisa belajar

contohsoalku.com November 29, 2019 - 1:21 am

GIVEAWAY 1.5 JUTA
=================

Agar belajar kita lebih seru dan menyenangkan, mulai bulan depan (Desember 2019) contohsoalku.com akan memberikan hadiah kepada Peraih Nilai Akumulatif Tertinggi.

Kompetisi berlaku untuk latihan soal Tes CPNS:

– Tes Wawasan Kebangsaan,
– Tes Intelegensia Umum, dan
– Tes Karakteristik Pribadi.

Nilai akhir akan ditentukan tanggal 31 Desember 2019 pukul 24:00 WIB.

Pemenang untuk masing-masing tes akan mendapatkan Rp500.000 dan akan kami hubungi melalui email yang digunakan untuk mendaftar.

Silahkan share ke kerabat dan teman untuk belajar dan berkompetisi di contohsoalku.com.

Hadi November 25, 2019 - 5:56 pm

Semangat terus

contohsoalku.com November 20, 2019 - 2:43 am

Silahkan bahas soal bersama di:
https://forum.contohsoalku.com/

Ria November 18, 2019 - 12:25 pm

Kunci jawaban di share juga y

Katuyalim November 15, 2019 - 6:33 pm

Bagaimana cara dapat soalnya?

contohsoalku.com November 15, 2019 - 6:38 pm

Silahkan klik salah satu tombol ‘Latihan Soal’ sesuai dengan tes yang ingin Anda kerjakan.

Musfirah November 12, 2019 - 4:38 pm

bagaimana cara mendapatkan contoh soal nya …terimakasih

Musfirah November 12, 2019 - 4:38 pm

gimana cara mendapatkan contoh soal nya ya

shilvia November 8, 2019 - 8:57 am

pembahasannya jg ada donk utk jawaban yg salah..

ferdian Oktober 18, 2019 - 8:37 pm

mau kasih masukan. untuk tiap latihan soalnya di upgrade terus dong. biar bisa jadi perbandingan. kalo soalnya diulang terus kan bisa dipelajari

contohsoalku.com November 15, 2019 - 5:44 pm

Soal selalu kami update secara berkala. Terus latihan tiap hari ya agar menjelang hari-H Tes CPNS nilainya semakin baik 👍👍👍

contohsoalku.com November 5, 2018 - 11:57 am

Sampaikan kritik dan saran kalian di sini ya. Request soal juga boleh 🙂

You cannot copy content of this page